Jan 25, 2008

Kunci Menciptakan Kantor Yang Berjalan Lancar ( Bgn VIII )




PUSTAKA

Pada perusahaan besar memang bisa menemukan pustaka perusahaan, yang pada dasarnya memuat informasi yang berhubungan dengan bisnis perusahaan. Pustaka perusahaan menjaga material referensinya dengan cara yang total berbeda dari pustaka umum. Jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan yang memiliki pustaka perusahaan, temukan bagaimana sistem perusahaan itu beroperasi dan bagaimana membuat katalog informasinya.
Pustaka umum merupakan salah satu sumber terbaik untuk memberikan jawaban dengan cepat untuk kebanyakan masalah-masalah informasi yang akan Anda miliki. Kadang-kadang malahan memang tidak perlu pergi kepustaka. Meja-meja pelayanan yang menanggapi telpon tersedia di beberapa pustaka. Tentu saja, jika Anda meminta informasi yang menghendaki penyelikikan dan respon yang detail, pendekatan telpon tidak akan berfungsi. Sebaliknya, masuk dan minta bantuan pada pegawai pustaka itu ( Pustakawan ).

Begitu berada dalam pustaka, tahu dimana mencari jenis informasi yang diperlukan. Kategori yang ingin Anda teliti biasanya akan dicantumkan dalam buku-buku, jurnal, pamflet.
Untuk membantu mengurus tumpukan informasi, kebanyakan pustaka menggunakan arsip otomatis. Misalnya, referensi dengan subyek dan gelar disimpan pada mikrofiche, slide kecil, yang masing-masingnya memuat ribuan referensi. Surat kabar direkam pada gulungan mikrofilm, sehingga Anda bisa melihat beberapa terbitan tampa harus memeriksa tumpukan surat kabar. Jika Anda mencari informasi hukum, seperti undang-undang, peraturan, kasus, barang kali Anda akan menemukannya dengan lebih muda dengan berkonsultasi pada pustaka fakultas hukum. Juga, mungkin ada pustaka khusus hukum tersedia di badan-badan pemerintahan.

Dimana pembaca/tamu/pengunjung bisa baca disambungan artikel berikutnya. Selamat mencoba dan Terimakasih



0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com