Jan 16, 2009

Dapat Eksis Dalam Dunia Usaha



Berubah atau diubah?

Dua kata yang harus perusahaan pilih agar
tetap dapat eksis dalam dunia usaha yang dari waktu ke waktu intensitas persaingannya semakin kuat dan mengglobal. Di lain pihak, kemajuan teknologi sebagai faktor pendorong perubahan telah membuat posisi pelanggan menjadi semakin penting, karena mereka dengan sangat mudah dan cepat dapat memiliki segudang informasi produk, baik barang maupun jasa. Produk inovatif yang berkualitas, harga terjangkau, dan disertai pelayanan sudah menjadi sesuatu yang standar jika ingin dilirik oleh pelanggan. Salah satu strategi penting buat perusahaan adalah bagaimana membuat pelayanan yang diberikan berbeda dan lebih bernilai dibanding pelayanan kompetitor, sehingga pelanggan akan memilih produk perusahaan. Hal itu dapat dilakukan melalui penerapan budaya pelayanan prima (service excellence) secara menyeluruh di semua lini perusahaan tanpa terkecuali. Untuk mengelola budaya pelayanan prima secara efektif di perusahaan diperlukan beberapa syarat atau kondisi yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Terpenuhinya Kebutuhan Dasar Karyawan
2. Pemahaman yang Baik dan Membangun Komitmen
3. Dimulai dari Top Management
4. Semangat Perbaikan yang Berkesinambungan (Continuous Improvement)

Membangun budaya pelayanan prima di perusahaan adalah sebuah proses perubahan. Perubahan itu sangat mungkin dilakukan dan perubahan harus disadari. Perubahan itu membutuhkan komitmen setiap individu di dalam perusahaan. Perubahan juga memerlukan waktu dan pengorbanan.




0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com